Berbicara :
Bercerita di depan kelas dan menuliskan kembali identitas diri berupa nama, alamat, umur, asal TK, nomor telepon, dan hobi. Memperkenalkan diri dengan bahasa yang santun. Bercerita di depan kelas dan menuliskan kembali identitas diri berupa nama, alamat, umur, asal TK, nomor telepon dan hobi. Misalnya
Ass. Wr. Wb.
Teman-teman…. Perkenankan saya memperkenalkan diri saya. Nama lengkap saya …dst. Wassamu;alaikum. Wr.Wb
Menulis :
Menulis permulaan dengan mencontoh dan menyalin tulisan yang berada di papan tulis (memperhatikan cara penulisan yang benar) :
- menulis di garis kecil
- tiang dan tangkai huruf
Mendengar :
Melihat dan mendengar cerita “Malin Kundang” dan menceritakan kembali sesuai kemampuan secara lisan ataupun tulisan.
Membaca :
- membaca kalimat sederhana persuku kata.
- Membaca kalimat dengan lafal dan intonasi dengan memperhatikan jeda (titik).
Mengetahui cirri-ciri tubuh.
§ Badan : gemuk atau kurus
§ Rambut : keriting atau lurus
§ Mata : lebar atau sipit
Eksplorasi anggota tubuh dan fungsinya :
§ Mata untuk melihat
§ Mulut untuk berbicara
§ Tangan untuk memegang
§ Hidung untuk mencium bau
§ Telinga untuk mendengar
§ Kaki untuk berjalan
3. IPS
Menyebutkan nama lengkapnya dan nama panggilannya.
- Greeting :
- Good morning = selamat pagi
- Good afternoon = selamat siang
- Good evening = selamat sore
- Good night = selamat malam
- Good bye = selamat tinggal
- Hi/hello
- Mengenal kata Tanya :
§ How are you today? I am fine, thank you. And you?
(bagaimana kabarmu hari ini? Saya bai-baik saja, terima kasih. Dan bagaimana denganmu?)
§ What is your name? My name is…
(Siapa namamu? Namaku…)
Salaman (ucapan salam)
Shobahul khair? = selamat pagi…jawab = shobahunnur
Nahaarun sa’iid? = semat siang…jawab = nahaarunnur
Masaaul khair? = selamat sore…jawab = masaaunnuur
Lailatun sa’iidah = selamat malam..jawab= lailatu mubarokah
(bila diucapkan salam seperti di atas dijawab serupa tapi kata yang paling belakang diganti dengan “nuur” )
Missal :
A : Shobahul khair (semat pagi)
B : shobahunnuur (selamat pagi)
A : Ahlan wa sahlan (selamat datang)
B : Ahlan bik
Mengenal kata Tanya
A : Masmuka ? = siapa namamu
B : Ismi … (namaku…)
A : kaifa haluk ? (bagaimana kabarmu)
B : alhamdulillah, ana bi khair (Alhamdulillah, saya baik-baik saja)
A. Mengenal bilangan 1 – 5
§ Membilang dan menyebutkan banyak kumpulan benda
§ Membaca lambing bilangan dan nama bilangan
§ Mengurutkan kelompok benda dan bilangan dari yang terkecil ke yang terbesar. Mis :
2 | 4 | 1 | 5 | 3 |
Diurutkan dari yang terkecil : 1,2,3,4,5
Diurutkan dari yang terbesar : 5,4,3,2,1
§ Menyebutkan banyak kumpulan benda lebih sedikit, lebih banyak atau sama banyak.
§ Membilang loncat
1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
Loncat 1 angka
1 | 3 | 5 |
Loncat 2 angka
Hafalan QS Al Fatihah
Rukun = pokok-pokok
Islam = selamat
Rukun Islam = pokok-pokok keselamatan
1. mengucap dua kalimat syahadat
2. mengerjakan sholat 5 waktu
3. mengeluarkan zakat
4. puasa di bulan Ramadhan
5. melaksanakan haji bagi yang mampu
Target :
- siswa mampu mengurutkan dengan urutan yang tepat
- siswa mampu menyebutkan urutan rukun Islam dengan acak
· Pengenalan tata cara wudhu (mengingat dengan cara tepuk wudhu) :
Tepuk wudhu…prok…prok…prok (tangan ditepukkan)
Baca basmallah lalu basuh tangan
Prok…prok…prok…
Kumur-kumur basuh hidung basuh muka
Prok…prok…prok…
Cuci tangan sampai siku kepala dan telinga
Tak lupa cuci kaki dan berdo’a.
· Doa setelah wudhu :
Pengenalan perangkat computer
· CPU
· Monitor
· Keyboard
· Mouse
- menggambar indra tubuh
- mewarna anggota keluarga
§ Pembentukan sikap berdiri
§ Latihan variasi gerak sikap berdiri
Tidak ada komentar:
Posting Komentar